Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara [UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003]. Dan seiring dengan perkembangan jaman, pendidikanpun diarahkan mengikuti perkembangan tersebut. Trend pendidikan abad 21 yang dicanangkan oleh salah satu badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO (United Nation of Education and Social Organisation) , telah menjadi salah satu acuan pendidikan bagi hampir seluruh negara-negara di dunia, dan salah satunya Indonesia.

Dalam kerangkan pendidikan abad 21 menitikberatkan pada keterampilan berfikir dan belajar, yang meliputi; berfikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, kreatif dan inovatif, pembelajaran secara kolaboratif, pembelajaran kontekstual, dan kemampuan literasi informasi dan media [Framework for 21st Century Learning].

Mengacu pada hal diatas, maka dirasa perlu diadakannya suatu program literasi di SMK Bakti Nusantara yang nantinya terkolaborasi dengan beragam program dan kegiatan sekolah dalam setiap satu tahun pendidikan. Hal ini bertujuan agar peningkatan kualitas lulusan SMK Bakti Nusantara 666 dalam segi kemampuan berfikir kritis dapat terasah dan mereka mampu menyelesaikan permasalahan hidup yang kelak akan mereka hadapi saat mereka berbaur ke dalam masyarakat.

Landasan hukum

Permendikbud no 23 tahun 2015 yang di dalamnya tercantum kebijakan kegiatan wajib membaca 15 menit setiap hari di sekolah sebagai bagian dari program penumbuhan karakter baik.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) secara nasional melalui 3 tahap kegiatan:

  1. Pembiasaan, kegiatan rutin membaca setiap hari tanpa tagihan
  2. Pengembangan, kegiatan pendidikan literasi di sekolah sebagai ekstrakurikuler dengan tagihan tertentu
  3. Pembelajaran, kegiatan pendidikan literasi terintegrasi ke dalam proses pembelajaran di kelas

Tujuan

Untitled

Siapa yang terlibat?

2

Pengembangan Keterampilan Literasi

3

Menentukan Buku Bacaan

4